Jerry Yang Satu dari Duo Pendiri Yahoo!


Semua pengguna internet pasti tau Yahoo. Yah..benar Yahoo adalah situs penyedia layanan email. Yahoo! adalah salah satu merek internet terkemuka, dengan jaringan lalu lintas tertinggi di Internet, siapa orang yang ada dibalik kesuksesan Yahoo dialah Jerry Yang.
Jerry Yang lahir pada tanggal 6 November 1968. ayahnya meninggal ketika ia baru berusia dua tahun, sehingga ia hanya dibesarkan oleh ibunya yang bekerja sebagai guru bahasa inggris. Jerry Yang pindah ke San Jose, California pada waktu usianya sepuluh tahun. Walaupun ibunya adalah guru bahasa Inggris tapi Ia tidak dapat berbahasa Inggris pada waktu pindah ke California. Namun karena kecerdasan yang dimilikinya dalam waktu tiga tahun dapat menguasai Bahasa Inggris dengan baik sehingga dia masuk pada kelas Advance Placement (AP) Bahasa Inggris.

Ketika belajar dalam Jurusan Eletrik di Universitas Stanford, dia bersama David Filo membuat chip computer dengan menggunakan CAD. Tapi ketika pengawas mereka pergi ke Italia mereke mengesampingkan proyek dan meraka justru berselancar dan bereksperimen dengan web. Namun ketika berselancar diinternet mereka mengalami kebosanan karena situs pencariannya tidah lebih seperti pencarian buku di perpustakaan. Karena itu, Yang dan Filo menciptakan situs web mereka sendiri yang berisi berbagai situs-situs lain pada tahun 1994. Ini disebut “David dan Jerry’s Guide to World Wide Web.” Kemudian nama itu diubah menjadi Yahoo yang kepanjangan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”, tetapi Yang dan Filo bertegas bahawa mereka memilih nama tersebut karena mereka sukakan definisi umum yahoo: “kasar, ringkas, tidak terurus”. Yahoo menjadi amat popular, Yang dan Filo menyedari potensi tersebut dan bersama menubuhkan Yahoo! Inc. pada April 1995.
AOL kemudian menawarkan pembelian terhadap Yahoo!, tetapi kedua menolak dengan mengatakan bahwa Yahoo didirikan oleh mereka untuk bersenang-senang dan kenikmatan bukan untuk uang. Kemudian, kedua memutuskan untuk membuat keuntungan dari penemuan mereka. Mereka menemukan seorang investor seorang Mike Moritz. Dengan menginfestasikan $ 1 juta oleh Moritz, Yang dan Filo mencari beberapa rekan dan pengusaha yang didirikan untuk memulai bisnis mereka sendiri. Hanya satu tahun setelah didirikan, Yahoo! menjadi salah satu perusahaan online paling sukses.

Pengembangan karier

Jerry Yang memainkan peran utama dalam menjalankan perusahaan, ia menjalankan roda perusahaan dengan Filo. Sebagai CEO, ia memainkan peran besar dalam perusahaan pengembangan dan pelaksanaan strategi bisnis, visi, dan usaha-usaha internasional. Pada 13 Januari 2009, ia digantikan oleh Carol Bartz sebagai CEO baru. Meskipun tidak lagi CEO, Yang masih merupakan anggota dari dewan direksi. Yang sebagai CEO dikeritik oleh berbagai pengusaha karena gagal untuk meningkatkan harga saham Yahoo! Ia juga dikritik oleh pemegang saham lainnya karena penolakannya untuk menerima kesepakatan dengan Microsoft.

Terlepas dari semua isu-isu yang mengikuti karier Jerry Yang sebagai seorang pengusaha, sumbangannya untuk industri media Internet membuktikan bahwa ia adalah benar-benar pengusaha yang brilian. Saat ini, Yang adalah bagian dari Direksi Alibaba, Cisco, Dana Asia Pasifik, dan Yahoo!.

sumber: http://info-biografi.blogspot.com/2010/02/jerry-yang-founder-yahoo.html

About wirasmada

Wirausaha Muda

Posted on 09/04/2011, in Kisah Sukses Wirausaha World Entrepreneur and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: