Citra Hafiz: Dari Dawet Cah Mbanjar Hasilkan Omzet Ratusan Juta/Bulan


Berwirausaha ternyata menjadi pilihan hidup yang tepat untuk Citra Hafiz. Beralih profesi dari seorang penyiar, Ia kini sukses membangun Es Dawet Cah Mbanjar dengan omzet ratusan juta tiap bulan.

Awalnya banyak orang yang meremehkan usaha yang dijalani Citra Hafiz. Pandangan mereka yang masih konvensional waktu itu menganggap sepele kalau usahanya ini tidak akan berhasil. Bahkan pada saat Es Dawet Cah Mbanjar yang dijalani Citra mengalami kesulitan modal untuk mengembangkan sayap, tak ada satupun familinya yang mau membantu. Berkali-kali pengajuan hutang kepada orang tua, saudara, dan teman-temannya ditolak.

Saat itu, Citra dan suami hanya memiliki sebuah mobil pick Up yang juga masih dalam proses angsuran. “Untuk memperoleh tambahan modal, saya dan suami terpaksa menjaminkan mobil itu,” kenang Citra

Dan siapa sangka Es Dawet Cah Mbanjar yang dibangun Citra bersama suaminya Hafiz Khairul Rijal kini bisa berkembang sangat besar. Omzetnya mencapai ratusan juta tiap bulan. Jumlah gerainya (mitra) sampai saat ini berjumlah 275 outlet yang tersebar di Medan, Sumatera Utara, Banda Aceh, Nias, Jakarta, Surabaya, Palembang, Padang, Palu dan Makassar. Penjualannya tidak hanya tersebar di Indonesia, bahkan merambah hingga ke pasar di Singapura. Dalam waktu dekat, Citra akan berangkat ke Thailand untuk mempromosikan Es Dawet Cah Mbanjar. Padahal sebelumnya mereka seperti penjual es dawet lainnya, keliling pakai gerobak.

Citra kini bisa tersenyum lebar dengan kesuksesan yang diraihnya dari bisnis es dawet. Usahanya yang tekun dan gigih bersama suaminya tidak sia-sia. Meski sempat susah dan jatuh bangun, sukses pelan-pelan mereka raih. Di tahun 2008 mereka memenangkan juara pertama Wirausaha Muda Mandiri tingkat Sumatera Utara dan menjadi Finalis di Jakarta. Tak hanya itu, Citra dan suaminya juga meraih juara satu Bank Sumut Award 2008 untuk kategori UKM. Citra juga pernah mendapat undangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura. Di Negeri Singa Putih itu pula ia diberikan kesempatan untuk mengisi acara Asia Pasific Food Festival..

Dari penyiar jadi tukang es dawet

Citra Hafiz, mengawali karirnya sebagai penyiar radio Most FM dan TVRI Medan. Hari-harinya dihabiskan untuk cuap-cuap dan kadang jadi MC dalam acara-acara tertentu. Citra mengaku begitu mencintai dunianya ini. Ketika menikah dengan suaminya, Hafiz Khairul Rijal pada tahun 2007, Citra mulai membuka usaha Djawara Fizta Group. Sayangnya sang suami keberatan jika Citra harus membagi konsentrasi antara menyiar atau berbisnis. Prinsipnya jelas, tak ada hasil maksimal jika bekerja di dua bidang. Harus memilih dan konsentrasi, itulah falsafah yang diberikan sang suami tercinta.

“Karena hidup adalah sebuah pilihan, akhirnya saya rela meninggalkan dunia siaran dan jurnalis demi berwiraswasta. Sejak saat itu saya dan suami konsentrasi membesarkan usaha Es Dawet Cah Mbanjar dan Bakso Mas Karyo,” ungkap Citra mengenang masa lalunya.

Citra mengatakan kalau dirinya tertarik mengembangkan bisnis es dawet ini karena senang minum jenis minuman yang sama tapi beda nama di Medan. Penjual minuman yang menggunakan gerobak ini banyak dijumpai di pinggir-pinggir jalan kota Medan. Kadang di emperan toko, tidak sedikit juga di bawah pohon rindang dan di persimpangan jalan. Sambil minum, Citra suka bertanya- tanya kepada penjual untuk mengorek informasi seputar minuman tersebut.
Sayangnya para penjual itu masih memakai sistem tradisional dan tenaga kerja langsung dari Jawa Tengah. Oleh karena itu Citra menemukan ide untuk membuat es dawet lebih tersistem dengan menggunakan sistem kemitraan. Setelah mendapatkan resep dari bos utama penjual minuman es itu, Citra dan suaminya mulai meracik es dawet khas mereka.
Kini Citra sudah bisa menikmati asyiknya berkecimpung di dunia usaha. “Di sini aku bisa bebas mengatur semuanya baik soal waktu maupun finansial,” katanya. Untuk merawat kedua buah hatinya Citra tidak perlu menyewa baby sitter. Waktunya sangat tak terbatas untuk tetap bersama keluarga dan anak-anaknya.Ke depan Citra sangat berharap bisa menciptakan World Class Company dari Es Dawet Cah Mbanjar yang dibangunnya.

(Rahmat HM)

sumber: http://www.majalahfranchise.com/?link=franchise_tokoh&id=380

Advertisements

About wirasmada

Wirausaha Muda

Posted on 29/02/2012, in Kuliner. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: