Fadil Fuad, Mendirikan Zahir Accounting Saat Usia Baru 26 Tahun


Hingga saat ini di Indonesia, jumlah pemain di bisnis branded software bisa dihitung dengan jari. ”Jumlahnya tidak lebih 10 pemain, yakni mereka yang membuat produk lalu dipasarkan dengan brand tersebut. Misalnya, Zahir, Andal,  dan sebagainya. Dari semua merek tersebut, Zahir merupakan pemimpin pasar atau market leader, untuk solusi bisnis bagi UKM,” tutur Fadil Fuad Basymeleh, Chairman PT Zahir International. Fadil adalah orang yang berada di balik keberadaan dan sukses Zahir Internasional. Ia mendirikan perusahaan tersebut tahun 1996, saat usianya baru 26 tahun.  Diawali dengan Zahir Versi 1,0. Tahun 2006, PT Zahir Internasional meluncurkan Zahir Versi 5,0. Software Zahir dijual dengan kisaran harga Rp1 juta sampai Rp 15 juta.

”Sejak awal, kami membidik pasar UKM. Zahir Accounting mempunyai sejumlah keunggulan dibandingkan software asing. Zahir Accounting merupakan software lokal yang sangat cocok dengan karakter bisnis di Tanah Air dan sangat mudah digunakan,” ujarnya. Zahir Accounting juga sudah diakui. ”Terbukti dari berbagai penghargaan nasional dan internasional, serta dipakai oleh lebih dari 7.000 perusahaan kecil dan menengah  (UKM), baik lokal maupun yang berafiliasi dengan perusahaan mancanegara,” papar Fadil. Fadil mengakui, pasar Zahir Accounting masih sangat terbuka luas. ”Di Indonesia terdapat tak kurang dari 40 juta UKM. Itu merupakan potensi pasar yang sangat besar,” tegasnya.

Fitur Canggih, Harga Terjangkau

Untuk menjangkau pasar UKM yang lebih luas lagi, Desember 2008 lalu, Zahir  telah meluncurkan produk terbaru Zahir Accounting. ”Produk terbaru ini dilengkapi dengan keragaman fitur yang lebih mudah dan canggih, serta kisaran harga yang sangat terjangkau,” ujarnya. Ia menambahkan, sebagai market leader software lokal di Indonesia, Zahir telah menyiapkan sejumlah langkah untuk melakukan penetrasi pasar yang lebih luas. Salah satunya adalah membuka channel-channel di bidang pemasaran. Zahir kini sedang membuka peluang bisnis untuk menjadi reseller Zahir Accounting di seluruh Indonesia. Selain itu, Zahir juga membuka peluang bisnis sebagai patner pelatihan Zahir Accounting di berbagai kota.

Jatuh Bangun

Sebagai seorang pengusaha, Fadil pun mengalami jatuh bangun. Ia memulai bisnisnya sejak kuliah di ITB tahun 1991. Awalnya dia terjun ke bisnis setting dan lay out.  Hingga pertengahan tahun 1997, bisnisnya  berkembang pesat. Namun krisis ekonomi yang menghantam Indonesia semester kedua tahun 1997 telah menghempaskan bisnisnya. Namun, krisis itu pula yang menjadi titik balik dalam bisnisnya, yakni menjadi seorang pengembang software akuntansi yang sukses.  Menurutnya, tidak ada  istilah menyerah dalam bisnis. Ia percaya, sukses itu bukan pada hasil, tapi pada prosesnya.

”Sukses itu kan seberapa kuat kita bangkit kembali setelah jatuh. Yang penting, sesudah jatuh kita harus bangkit lagi dan selalu meminta bantuan kepada Allah SWT. Tugas kita adalah berikhtiar dan berdoa sekuat daya, sambil dibarengi dengan tawakkal kepada Allah SWT,” tandas Fadil Fuad Basymeleh. Untuk itu,Fadil mempunyai tiga resep rahasia sukses. Pertama, tetap fokus pada bisnis yang ditekuni. Lebih 12 tahun, Fadil tetap setia di bisnis software akuntansi.

”Semakin fokus, semakin tajam. Hasilnya pun semakin baik,” tegasnya. Kedua, cinta dan bakti kepada orang tua. Ketiga, gemar bersedekah. ”Kalau kita selalu cinta dan bakti kepada orang tua, serta selalu gemar bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan, yakinlah kita pasti akan sukses, tidak hanya di dunia, tapi juga di akhirat,” tandas Fadil Fuad Basyemeleh.

sumber: http://www.majalahwk.com/artikel-artikel/teropong-usaha/292-edisi-majalah.html

Advertisements

About wirasmada

Wirausaha Muda

Posted on 14/03/2012, in Teknologi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: