Riko, Raih Kesuksesan Dari Kreasi dan Inovasi Rasa Donat Kentang ‘PDO’


Bisnis jajanan tergolong jenis usaha yang dinamis, dan selalu kaya akan variasi produk.  Maka, tak aneh jika bisnis ini sangat tergantung pada kreatifitas si pengusaha dalam memodifikasi produk yang dijualnya. Bisa dengan mengikuti trend yang sedang populer di pasaran, atau menciptakan produk yang baru dan inovatif. Dan inovasi produk inilah yang tak jarang menjadi kunci bertahannya sebuah produk dari ketatnya persaingan bisnis.  Salah satunya dilakukan oleh Donat Kentang PDO (potatoe donat), yang memberikan inovasi rasa donat berbahan dasar kentang dengan gula tabur aneka rasa buah (cokelat, strawbery, melon, orange) yang aman, sehat dan halal untuk dikonsumsi.

Awalnya, Riko Setiawan melihat adanya potensi bisnis yang besar dari berjualan donat. Berbeda dengan beragam brand donat yang telah ada di pasaran yang mengejar segmen menengah ke atas sebagai pasar potensial, Riko melihat donat bisa menjadi jajanan murah meriah yang tak kalah nikmat dari donat-donat lain yang berharga mahal. Ia pun lalu terpikir kepada donat tradisional berbahan dasar kentang, yang dijual keliling dari kampung ke kampung. Menurutnya, donat yang ditaburi oleh gula halus putih itu rasanya cukup nikmat dan memiliki cara pembuatan yang unik.

 

“Mungkin terkesan sederhana sekali, namun justru cara pembuatan donat yang sederhana itu yang membuat si pembeli ketagihan dengan donatnya. Lalu saya berpikir, kenapa gula tabur donatnya kita modifikasi saja dengan beragam rasa. Jadi tidak hanya gula putih saja, namun kita juga kasih rasa yang unik seperti coklat, stawbery, melon, yang kita inovasikan menggunakan bahan baku yang aman dikonsumsi,” terang Riko saat dihubungi CiputraEntrepreneurship.com, Sabtu (12/11).

 

Memulai usahanya tahun 2007, Riko memilih untuk menawarkan donat “kampung” miliknya dengan konsep yang lebih modern. Dengan bermodal Rp. 25 juta, Riko pun memilih konsep gerai dengan konsep tampilan produk menarik. Baginya konsep penjualan yang menarik, sangat efektif untuk mengenalkan produknya. Apalagi Riko menawarkan harga yang sangat bersahabat untuk ukuran donat, yaitu Rp. 2 ribu per donat.

 

Awalnya Riko hanya menjalankan satu buah gerai donat. Karena lokasi yang dipilih cukup ramai, yaitu sebuah mall, ia pun berpikir untuk memperluas penjualannya. Pada tahun 2009, Riko memilih menjalankan bisnisnya dengan konsep waralaba. Dengan konsep ini, Riko lambat tapi pasti mulai menyebarkan usahanya ke berbagai kota di Indonesia mulai dari Jakarta,  Blora, Purwokerto, Padang, Palembang, Bau-Bau, hingga Makasar.

 

“Selain menawarkan profit, salah satu point bisnis kami adalah bisa mengajak sebanyak-banyaknya orang untuk menjadi seorang pengusaha. Kami percaya, pengalaman dan relasi yang kami miliki selama menjalankan bisnsi donat ini nantinya akan membantu mitra kami dalam menjalankan usahannya,” cetus pria kelahiran Jakarta, 18 september 1973 itu.

 

Penawaran yang diajukan Riko kepada calon mitra adalah paket tiga investasi sebesar Rp. 6 juta, Rp. 11 juta, dan Rp. 95 juta. Ketiga paket tersebut bisa dipilih sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan kepad acalon mitra. Dengan business plan yang dirancangnya, Riko menjanjikan mitranya bisa BEP dalam waktu kurang lebih enam bulan setelah mulai usaha. Syaratnyam mitra bisnisnya harus menjalankan ketentuan yang ditetapkan dan memiliki lokasi yang telah direkomendasikan oleh tim yang dibentuk Donat Kentang PDO.

 

Dengan program yang dijalankanya, Riko yakin produknya bisa mendapatkan hati pecinta jajanan di seluruh Indonesia. Selain dengan sarana promosi konfensional, dan dari promosi mulut ke mulut, Riko juga getol menjalankan promosi melalui jejaring maya menggunakan facebook, twiter, dan website. Tak jarang pula ia ikut serta dalam berbagai pameran franchise.

Kini, ia berharap tahun 2012, produknya bisa menjangkau seluruh kota besar di Indonesia. Baginya, target itu bukanlah sesuatu yang mustahil. Bagi pria lulusan Sekolah Tinggi Teologia ini, menjadi seorang entrepreneur adalah sebuah tantangan yang memiliki tujuan yang mulia. Bukan hanya ingin mensejahterakan kehidupan sendiri, namun dengan menjadi entrepreneur ia yakin bahwa kerja kerasnya juga akan berguna dan menghidupi orang banyak.

 

“Jangan takut untuk mencoba, dan jalani dengan optimis. Tantangan itu pasti ada, namun jalan keluar itu juga pasti ada. Yang membedakan adalah, apakah kita optimis bisa menjadi orang sukses? Itu yang menjadi kuncinya,” pungkas Riko. (*/Gentur)

 

Nama Lengkap            : Riko Sastrawan S.Th

Alamat                         : Jl Kemang Anggrek 2 Blok AN 40, Kemang Pratama 2. Bekasi

Marketing (telp)         : 021-80341414, 081807800808, 081585734491, 021-32244412

sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com/kuliner/12760-donat-kentang-pdo-variasi-rasa-pada-donat-kampung.html

About wirasmada

Wirausaha Muda

Posted on 04/04/2012, in Kuliner. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: