Asngari, Berkat Keunikan Botok Tawon ‘mBah Mustari’-nya, Ratusan Porsi Perhari Diserbu Pelanggan


Botok adalah makanan yang terbuat dari parutan kelapa berbumbu yang kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. Di daerah Jawa, hidangan yang umumnya berisi ikan teri, udang, tahu atau petai china ini sangat khas dan menjadi lauk keseharian. Namun, mBah Mustari berani melakukan diferensiasi dengan membuat botok berisi tawon madu.

 

mBah Mustari adalah rumah makan milik Imam Asngari yang berlokasi di Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Tawon yang dipilih Imam Asngari bukan sembarang tawon melainkan jenis tawon madu. Diversifikasi menu bertajuk botok tawon dilakukan Imam Asngari sejak kurang lebih dua tahun lalu. Setiap harinya, ia memproduksi minimal 300 bungkus botok yang menurut pengakuannya akan tandas seketika dijamah pengunjung.

 

Walau peminat dan permintaan botok tawon terus meningkat tapi Imam Asngari tak kesulitan mencari pasokan tawon madu. Selain rumah makan, ia juga mempunyai peternak lebah binaannya sendiri yang jumlahnya 10 orang. Setiap dua hari sekali, peternak lebah itu akan menyetor tawon madu ke dapur produksi RM mBah Mustari.

 

Botok tawon racikan Imam Asngari memang khas dan terasa pas di lidah konsumen. Cita rasa botok yang sedikit asam, pedas namun tetap gurih ini menjadi peneman nasi yang sangat tepat dan paling lezat bila disantap ketika masih hangat. Cara membuatnya tergolong mudah dan tak membutuhkan banyak waktu, lho. Tawon madu yang masih di dalam sarang dipanaskan dengan air selama 3 menit hingga hancur, baru setelah itu diangkat dan ditiriskan. Dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu khas, adonan botok tawon ini lalu dibungkus daun pisang untuk kemudian dikukus hingga matang selama kurang lebih 10 menit.

 

Selain warga dan pekerja sekitar, penggemar  menu ini juga datang dari kelas pejabat setempat hingga pejabat luar daerah yang penasaran ingin mencicip kelezatan botok tawon Imam Asngari. Selain sedap, botok tawon ala RM mBah Mustari ini berharga murah. Pengunjug hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp3.000 untuk sebungkus botok tawon.

 

Selain harga yang sangat reasonable dan cita rasa yang begitu menggugah selera, konsumen juga dimanjakan dengan khasiat bagi kesehatan bila menyantap botok tawon ini. Dipercaya, botok tawon memiliki nutrisi yang mampu menguatkan stamina tubuh, mengurangi kadar gula dalam darah, mengurangi rasa pegal dan konon bila dikonsumsi secara rutin, botok tawon bisa berkhasiat menyembuhkan penyempitan sel tubuh dan penyumbatan pada sendi.

sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com/kuliner/10044-botok-tawon-mbah-mustari-sedap-rasanya-kaya-khasiatnya.html

About wirasmada

Wirausaha Muda

Posted on 10/04/2012, in Kuliner. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: