Terus Mencoba Kunci Kesuksesan Henky Eko Menekuni Bisnis Bakso Malang Kota Cak Eko


Bagi Anda pecinta kuliner, Anda pasti kenal betul dengan menu bakso malang. Kini, Anda pun bisa menjadi seorang pebisnis yang sukses. Seperti yang dialami oleh Henky Eko Sriyantono, seorang entrepreneur yang kini menjadi bos usaha waralaba bakso malang dengan merek Bakso Malang Kota Cak Eko, dan telah memiliki 150 cabang di seluruh wilayah Indonesia.

Sebelum menggeluti bisnis bakso malang, Eko memang mengaku tertantang untuk menjadi seorang pengusaha. Namun usahanya dalam mengembangkan bisnis tidaklah terbilang mudah. Mengaku tak patah arang, Ekopun kemudian membidik bisnis bakso malang, setelah melihat potensi bisnisnya yang potensial. “Yang menginspirasi saya adalah 10 kali kegagalan sebelumnya dalam usaha yang pernah saya alami. Dan saya mempunyai keyakinan yang kuat bahwa kesuksesan tinggal selangkah lagi. Tahun 2005 saya ketemu ide untuk buka bakso. Ide inipun muncul disaat tidak sengaja saat saya mengantar saudara di bandara Soekarno-Hatta. Saat itu pandangan mata saya tertuju pada gerai bakso malang yang jual dibandara dengan sewa begitu mahalnya namun bisa bertahan,” ujar Eko kepada Ciputraentrepreneurship.com saat menceritakan awal bisnisnya.

Usahanya ini memang awalnya dibuka di pinggir jalan di Jatiwarna, Bekasi pada Maret pada 2005. Seiring usaha yang laris manis, Bakso Malang Kota Cak Eko pun akhirnya sanggup menyewa sebuah outlet di Tamini Square pada 2006. Saking larisnya usaha si bundar ini, banyak konsumen yang tertarik untuk bekerjasama. Akhirnya jadilah usaha ini dikembangkan melalui sistem waralaba. Semenjak memulai usaha, dalam waktu 6 bulan saya bisa membuka cabang kedua dan ketiga. Saat sudah punya 3 cabang itulah saya mempunyai keinginan kuat melebarkan jaringan dengan pola waralaba,” kenang Eko.

Selain menjual rasa yang nikmat, Eko juga menjadikan media massa sebagai senjata yang ampuh untuk mempromosikan prodaknya secara gratis. Usahanyapun tak sia-sia. Bakso malangnya pun makin mendapatkan banyak penggemar. “Saya mencoba berbagai cara bagaimana usaha saya ini bisa diliput media tanpa biaya sehingga masyarakat bisa dengan cepat mengenal secara luas. Akhirnya, pada Oktober 2006 usaha saya diliput di tiga media sekaligus dengan gratis. Dari liputan tersebut akhirnya banyak permintaan masyarakat untuk bergabung menjadi mitra,” ungkapnya.

Peluang yang ditawarkan oleh Bakso Malang Kota Cak Eko pun cukup menggiurkan. Dengan menawrkan 3 paket kerjasama dengan mitranya, yaitu bernilai sebesar Rp 60 sampai 120 juta, dan dengan masa kerja sama 5 tahun, Bakso Malang Kota Cak Eko berani menjanjikan keuntungan bersih per bulannya sebesar Rp 10 juta.

Sebagai seorang entrepreneur, pencapaian Henky Eko Sriyantono melalui produknya juga telah mendapatkan pengakuan di kalangan wirausahawan. Beragam penghargaanpun pernah diraihnya, antara lain Indonesia franchise Start-up” tahun 2009, penghargaan sebagai bisnis franchise berprospek terbaik tahun 2008 dari Asosialsi Franchise Indonesia dan pemenang Wirausaha Muda Mandiri tahun 2008 dari Bank Mandiri.

Salah satu ambisi Eko ke depannya, adalah mampu membawa bakso malangnya go internasional. Ia merasa ambisi itu bukanlah sebatas mimpi di siang bolong, karena prudak bakso sebenarnya sudah sangat dikenal di luar negeri. Baginya, kesempatan untuk bisa go internasional akan selalu terbuka selama ada kemauan untuk terus meluaskan jaringan atau networking, dan terus terbuka terhadap inovasi baru.

Bagi sang bos bakso malang, kunci kesuksesan seorang epreneur adalah semangat untuk terus mencoba. Tidak ada jalan pintas untuk bisa sukses di bisnis entrepreneurship. Semangat untuk meraih sebuah mimpi harus terus dijaga dan diperjuangkan dengan kerja keras, kesbaran, dan sambil terus berinovasi. Terlebih bagi anak muda yang tertarik untuk memulai usaha. “Dunia kewirausahaan saat ini cukup menggairahkan dan menggembirakan karena makin banyak anak muda yang tertarik menjadi seorang entrepreneur, hal ini tentunya mesti didorong semaksimal mungkin oleh pemerintah agar bisa tumbuh dan berkembang,” ungkap Eko. (*/Gentur)

sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com/kuliner/10956-cak-eko-bos-waralaba-bakso-malang.html

Advertisements

About wirasmada

Wirausaha Muda

Posted on 10/04/2012, in Kuliner. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: